PENGARUH PROSES PENGEROLAN DAN TEMPERING DENGAN VARIASI SUHU TERHADAP FREKUENSI ALAMIAH PADA PELAT BERALUR TRAVESIUM

Edwira Nurazizi, Aulia (2023) PENGARUH PROSES PENGEROLAN DAN TEMPERING DENGAN VARIASI SUHU TERHADAP FREKUENSI ALAMIAH PADA PELAT BERALUR TRAVESIUM. Diploma thesis, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
skripsi edwira nurazizi aulia revisi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Minat masyarakat terhadap mobil pick-up sebagai media tansportasi pengangkut
barang terus meningkat akhir-akhir ini karena dinilai cukup fleksibel untuk mengangkut
bahan baku dan hasil produksi dengan kemampuan menerobos jalan pedesaan dan perkotaan
yang memiliki kepadatan lalu lintas yang sangat tinggi. Panel pelat yang digunakan pada
kendaraan pick-up perlu dirancang setipis mungkin namun memiliki kekakuan yang tinggi
agar lebih hemat terhadap penggunaan BBM-nya dan mampu menahan getaran yang terjadi
selama berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi pribadi yang terdapat
pada profil pelat untuk bodi kendaraan dengan cara dirol dingin kemudian dilakukan proses
tempering dengan variasi suhu 3000C, 2500C dan 2000C terhadap nilai frekuensi pribadi
pelatnya. Pelat galvanil yang digunakan memiliki ukuran 0,6 dan 0,8 mm. Metode pengujian
frekuensi pribadi terhadap pelat hasil pengerolan digunakan dengan kondisi syarat batas
bebas-bebas, dimana pelat digantung dengan seutas tali. Alat uji kekakuan menggunakan
vibroport 80 pada tekanan eksistensi 10 gram, dengan posisi hammer dipukul ditengah pelat
dengan 2 sensor di posisi 0 dan 90 derajat. Berdasarkan hasil uji frekuensi pribadi pelat yang
telah dirol dingin, diperoleh nilai FRF magnitude tertinggi terjadi pada spesimen dengan
tebal 0,8 mm, yaitu 922,5 Hz, frekuensi pribadi pada panel meningkat 2 hingga 3 kali.
Semakin tinggi respon getaran yang didapat maka semakin besar pula frekuensi pribadi yang
dimiliki, akan tetapi setelah dilakukan proses tempering terjadi penurunan respon getaran
dengan nilai FRF magnitude terendah pada suhu 3000C tebal 0,8 mm, yaitu 357,5 Hz. Dari
hasil yang tersebut disimpulkan bahwa semakin tinggi suhu pada proses tempering semakin
menurun pula respon getaran yang didapat sehingga frekuensi pribadi pada pelat semakin
kecil.
Kata kunci: Mobil Pick-up, Pengerolan, Tempering, Frekuensi Pribadi, FRF Magnitude.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Key words: Pick-up Car, Rolling, Tempering, Natural Frequency, FRF Mag.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: DIV Teknik Mesin dan Manufaktur
Depositing User: Mardliyah Ayu
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:10
Last Modified: 21 Aug 2023 07:10
URI: http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/831

Actions (login required)

View Item
View Item