PROTOTYPE PENGATURAN KECEPATAN DAN KENDALI JARAK OTOMATIS PADA MOBIL LISTRIK TERHADAP BAHAYA KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC CONTROLLER (FLC)

Tegar, Prayogi and Sri, Agustini (2023) PROTOTYPE PENGATURAN KECEPATAN DAN KENDALI JARAK OTOMATIS PADA MOBIL LISTRIK TERHADAP BAHAYA KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC CONTROLLER (FLC). Diploma thesis, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Prototype Pengaturan Kecepatan dan Kendali Jarak Otomatis pada Mobil Listrik terhadap Bahaya Kecelakaan Menggunakan Metod~1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Mobil listrik merupakan sebuah mobil yang akan bergerak dengan motor
listrik DC dan memanfaatkan energi listrik. Pada mobil listrik saat ini
pengereman mobil listrik hanya bisa dilakukan secara manual dengan perkiraan
pengemudi saja. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kecelakaan
terutama pada mobil listrik diperlukan sebuah sistem pengontrolan kecepatan
yang akan mengurangi kecepatan dengan melakukan pengereman secara
otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk mengontrol kecepatan dan pengereman
mobil listrik jika terdapat objek di depan mobil listrik tersebut menggunakan
sensor ultrasonik dengan metode Fuzzy Logic Controller (FLC) dan membuat
kontrol jarak mobil dengan objek yang ada di kiri, kanan dan belakang. Metode
penelitan yang digunakan yaitu pengontrolan motor DC yang dilakukan
menggunakan Fuzzy Logic Controller (FLC) dengan inputan kecepatan motor
dan jarak ke objek yang ada di depan mobil listrik. Kemudian dilakukan
difuzzifikasi untuk menentukan aksi output dari motor berupa melambat atau
berhenti. Pengujian dilakukan dengan meletakkan objek di depan mobil listrik
dengan jarak sangat dekat (10 cm) sampai dengan sangat jauh (400 cm). Hasil
pengujian prototype jika tanpa beban yaitu mobil akan berhenti atau kecepatan 0
RPM jika jarak terhadap objek < 50 cm dengan rata-rata delay 2,9 detik.
Sedangkan, jika menggunakan beban pada pengujian mulai dari 100 cm, mobil
akan berhenti rata-rata pada jarak 70 cm dikarenakan torsi motor tidak kuat.
Jika pengujian mulai dari 200 cm mobil kebanyakan menabrak dikarenakan ada
delay pada pembacaan sensor.
Kata kunci: Fuzzy Logic Controller (FLC), kendali jarak, pengaturan kecepatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Fuzzy Logic Controller (FLC), distance control, speed regulation
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: DIII Teknik Elektronika
Depositing User: Mardliyah Ayu
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:20
Last Modified: 16 Aug 2023 07:20
URI: http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item
View Item