PENGARUH DOLOMIT SEBAGAI BAHAN TAMBAH TERHADAP KEKERASAN PADA MATERIAL St 37 PADA PROSES CARBURIZER

Sandi, Sandi (2022) PENGARUH DOLOMIT SEBAGAI BAHAN TAMBAH TERHADAP KEKERASAN PADA MATERIAL St 37 PADA PROSES CARBURIZER. Diploma thesis, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
skripsi sandi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Carburizing merupakan suatu proses penambahan kandungan karbon pada
permukaan baja untuk mendapatkan sifat baja yang lebih keras pada permukaan.
Karburasi padat (pack carburizing) bahan dimasukkan kotak tertutup dan
ruangan diisi dengan arang kayu ataupun bahan yang berunsur karbon. Pada
penelitian ini akan dilakukan proses carburizing dengan variasi bahan tambah
pada baja St37. Variasi bahan tambah yang digunakan adalah 100% arang dan
0% dolomit, 90% arang dan 10% dolomit, 85% arang dan 15% dolomit, 80%
arang dan 20% dolomit, 75% arang dan 25% dolomit. Baja karbon St 37
(50×50×10) mm yang telah dikeraskan melalui proses carburizing dengan
menggunakan arang dari sisa pembakaran bata dan dolomit yang mengandung
kasium karbonat (CaCO3) sebagai bahan tambah di dalam kotak berukuran
(100x100x100) mm. Pada suhu 900°C, kemudian di-quenching pada media air.
Pada sekali pemanasan di dalam kotak terdiri dari 3 benda kerja pada pada
setiap variasi. Untuk mengetahui dampak variasi bahan tambah pada hasil
carburizing, maka akan dilakukan pengujian kekerasan. Dari hasil penelitian
yang telah dilakukan bahwa campuran dengan variasi 85% arang dan 25%
dolomit memiliki nilai kekerasan rata-rata tertinggi dengan nilai 246 VH atau,
memgalami 284% peningkatan dari kekerasan awal 24 VH yang mana nilai
kekerasan tersebut lebih rendah dari pada nilai kekerasan batu kapur 720 MHA
dan cangkang telur 690 MHA. Hal tersebut dikarenakan pebedaan kandungan
CaCO3. Jika nilai kekerasan dengan bahan tambah dolomit dibandingkan dengan
bahan tambah BaCO3 memiliki perbedaan tingkat kekerasan yang jauh, hal ini
disebabkan perbedaan kandungan yang terdapat pada bahan tambah, dan
perlakuan yang lain seperti suhu, jenis material, ukuran material, dan waktu
quenching yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Carburizing, Hardness Test, Dolomite, St 37
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: DIV Teknik Mesin dan Manufaktur
Depositing User: Mardliyah Ayu
Date Deposited: 22 Nov 2022 07:41
Last Modified: 22 Nov 2022 07:41
URI: http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item
View Item