Stevanus Seva, Marcellino (2024) PENGARUH VARIASI PANJANG IMPELLER WATERJET THRUSTER TERHADAP GAYA DORONG. Diploma thesis, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.
Marcellino_Makalah Link.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Thrust merupakan gaya dorong yang ditimbulkan dari gaya angkat / lift pada
bagian belakang sistem propulsi yang bergerak berlawanan dengan arah gerakan
kapal. waterjet thruster merupakan sistem propulsi tertutup yang menghasilkan
gaya dorong dengan menghisap air melalui jalur inlet dan disemburkan melalui
outlet dengan jalur yang lebih kecil sehingga terjadi kenaikan momentum
sehingga tekanan yang dihasilkan ikut meningkat. Waterjet thruster memiliki
komponen utama berupa inlet turbo, impeller, dan outlet turbo. Penelitian ini
bertujuan untuk mendapatkan gaya dorong optimal dari waterjet thruster
berdiameter 110 mm dengan variasi panjang impeller 60 mm, 65 mm, 75 mm, dan
80 mm. Dalam proses manufaktur komponen waterjet thruster menggunakan
teknologi 3D Printing dengan metode FDM. Dalam proses tersebut menggunakan
filamen Super Tough Polylactic Acid (ST-PLA). Metode penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental dengan waterjet
thruster bertranmisi medium tail. Hasil pengujian pada penelitian ini gaya dorong
tertinggi terdapat pada waterjet thruster dengan panjang impeller 60 mm dengan
gaya dorong sebesar 193,45 Newton. Semakin panjang impeller yang digunakan
maka semakin rendah gaya dorong yang dihasilkan.
kata kunci : 3D printing, impeller, gaya dorong, sistem propulsi, waterjet
thruster
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kata kunci : 3D printing, impeller, gaya dorong, sistem propulsi, waterjet thruster |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | DIV Teknik Mesin dan Manufaktur |
Depositing User: | Mardliyah Ayu |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 06:57 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 06:57 |
URI: | http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/1134 |