ajilaksana, bima (2023) IMPLEMENTASI METODE INKUIRI DALAM PEMBUATAN GAME EDUKASI PENALARAN UNTUK ANAK SD (STUDI KASUS UPTD SD NEGERI 29 SUNGAILIAT). Diploma thesis, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.
1061908 Bima Ajilaksana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
Abstract
Anak – anak sangat tertarik memainkan game di smartphone
Android. Mereka bisa memainkan game untuk waktu yang lama tanpa
menyisakan waktu untuk belajar. Ketertarikan anak - anak yang tinggi pada
game di perangkat Android harus dipertimbangkan dalam metode
pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game yang
akan memudahkan siswa dalam belajar agar lebih menyenangkan.
Terutama bagi anak – anak sekolah dasar sebagai perangkat tambahan
yang membantu perkembangan mereka dalam belajar. Metode
pembelajaran yang diimplementasikan adalah metode inkuiri, dimana
siswa akan mengidentifikasi dan meneliti masalah dan pertanyaan untuk
mengembangkan pengetahuan atau solusi. Metode pengembangan aplikasi
yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC). Materi di
dalam game disesuaikan dengan materi terkini di sekolah dasar. Hasil dari
penelitian ini adalah 1) terbentuk aplikasi game; 2) metode inkuiri berhasil
diimplementasikan kedalam game, dan; 3) berdasarkan hasil pengujian,
aplikasi ini memiliki persentase kelayakan sebesar 93,33 persen.
Kata Kunci: Android, Edukasi, Game, Inkuiri
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, Education, Game, Inquiry. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak |
Depositing User: | Mardliyah Ayu |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 07:06 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 07:06 |
URI: | http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/761 |