SISTEM PENGELOLAAN PERMINTAAN OLAHDATADENGAN NOTIFIKASI CUSTOMER RELATIONSHIPDIBADAN PUSAT STATISTIK(BPS) PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Ardi, Ramadani (2025) SISTEM PENGELOLAAN PERMINTAAN OLAHDATADENGAN NOTIFIKASI CUSTOMER RELATIONSHIPDIBADAN PUSAT STATISTIK(BPS) PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG. Diploma thesis, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
SISTEM_PENGELOLAAN_PERMINTAAN_OLAH_DATA_DENGAN_NOTIFIKASI_CUSTOMER_RELATIONSHIP_DI_BADAN_PUSAT_STATISTIK_BPS_PROVINSI_KEPULAUAN_BANGKA_BELITUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Dalam era digitalisasi layanan publik, kebutuhan akan sisteminformasi
yang efisien dan terstruktur menjadi semakin penting, terutama dalampengelolaanpermintaan olah data di Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan BangkaBelitung. Proses pengelolaan permintaan yang masih manual berpotensi
menimbulkan keterlambatan dan kesulitan dalam pelacakan status permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sisteminformasi
berbasis web yang mampu mengelola permintaan olah data secara lebih efektif, lengkap dengan fitur notifikasi untuk meningkatkan komunikasi antara petugasdan pemohon. Metode pengembangan yang digunakan adalah Rapid ApplicationDevelopment (RAD), yang meliputi tahapan perencanaan, perancangan, konstruksi, dan implementasi. Sistem ini dibangun menggunakan frameworkLaravel dan Tailwind CSS, kemudian diuji melalui metode Black Box TestingdanUser Acceptance Testing (UAT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistemberhasil mengelola alur permintaan mulai dari pengajuan, penugasan, pengolahan, hingga pengunggahan hasil. Fitur notifikasi email berfungsi dengan baik untukmemberitahukan status terbaru kepada pengguna. Selain itu, hasil UATmemperoleh nilai kepuasan sebesar 90,6%, yang mengindikasikan sistemmudahdigunakan dan sesuai kebutuhan pengguna. Dengan adanya sistempengelolaanpermintaan olah data yang terintegrasi dan notifikasi otomatis, pelayanan internal
BPS menjadi lebih efisien, akurat, dan transparan. Model pengembangan ini jugadapat diterapkan pada instansi lain yang memiliki kebutuhan serupa dalammengelola layanan berbasis permintaan. Kata kunci: Sistem Informasi, Rapid Appliction Development, Badan Pusat
Statistik, Laravel, Notifikasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Information System, Rapid Application Development, Badan Pusat Statistik, Laravel, Notification
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
Depositing User: Mardliyah Ayu
Date Deposited: 16 Sep 2025 09:39
Last Modified: 16 Sep 2025 09:39
URI: http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/1889

Actions (login required)

View Item
View Item