Putri, Nabilah (2025) PENERAPAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) DALAM OPTIMALISASI SISTEM PELAYANAN BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN BANGKA. Diploma thesis, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.
![[thumbnail of Full Text]](http://repository.polman-babel.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PUTRI NABILAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
Abstract
Seiring dengan kemajuan transformasi digital, peningkatan kualitas
layanan publik menjadi fokus utama bagi berbagai instansi pemerintah, termasuk
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka. Salah satu kendala utama dalam
pelayanan publik adalah keterbatasan sumber daya manusia dalam menangani
pertanyaan dan permintaan informasi dari masyarakat secara cepat dan tepat.
Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan
sistem pelayanan di BPS Kabupaten Bangka dengan menerapkan metode Natural
Language Processing (NLP). Metode NLP memungkinkan sistem untuk memahami,
mengolah, dan memberikan respon otomatis terhadap bahasa alami yang
digunakan oleh pengguna. Dalam penelitian ini, dilakukan beberapa tahapan
utama, yaitu pengumpulan serta analisis data percakapan pengguna, penerapan
model NLP untuk mengidentifikasi maksud pertanyaan, serta pengembangan
chatbot berbasis NLP yang dapat memberikan jawaban yang relevan dan akurat
terkait layanan BPS. Model NLP yang diterapkan dirancang untuk mengenali pola
bahasa, mengklasifikasikan maksud pengguna, dan menyajikan informasi sesuai
dengan kebutuhan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
metode NLP dalam sistem pelayanan di BPS Kabupaten Bangka mampu
memberikan informasi mengenai efektivitas komunikasi antara pengguna dan
instansi. Selain itu, masyarakat merasakan kemudahan dalam mengakses informasi
tanpa harus bergantung pada interaksi langsung dengan petugas. Berdasarkan
hasil uji coba menggunakan kuisioner kepada 16 responden dengan 10 pertanyaan,
sistem memperoleh skor total 723 atau setara dengan tingkat kepuasan sebesar
90,03%. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dinilai layak untuk
digunakan dan mampu memenuhi kebutuhan layanan informasi secara digital.
Dengan demikian, solusi berbasis NLP ini diharapkan dapat menjadi inovasi yang
mendukung pelayanan masyarakat yang lebih modern, responsif, dan efisien.
Kata Kunci: BPS Kabupaten Bangka, Chatbot, Efisien, Natural Language
Processing , Sistem Pelayanan, Transformasi Digital.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Bangka Regency Statistics Agency (BPS), Chatbot, Efficiency, Natural Language Processing, Service System, Digital Transformation. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak |
Depositing User: | Mardliyah Ayu |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:08 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:08 |
URI: | http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/1870 |