FADIL, JULIANTO (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI OPERASI HITUNG PADA SISWA KELAS 7 SMPN 1 MERAWANG. Diploma thesis, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.
![[thumbnail of Full Text]](http://repository.polman-babel.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI OPERASI HITUNG PADA SISWA KELAS 7 SMPN 1 MERAWANG CD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (6MB)
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran dasar yang penting
dalam kehidupan sehari-hari, namun banyak siswa mengalami kesulitan
memahami konsep matematika, terutama operasi hitung dasar seperti
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kesulitan ini disebabkan
oleh metode pembelajaran yang kurang menarik dan rendahnya motivasi belajar,
sehingga lebih dari 60% siswa kelas 7 di SMPN 1 Merawang mengalami hambatan
dalam memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan
aplikasi game edukasi operasi hitung berbasis gamifikasi yang interaktif untuk
meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa. Metode yang digunakan adalah
Research and Development (R&D) dengan teknologi Flutter dan Laravel,
mengintegrasikan materi pembelajaran, permainan ular tangga matematika, kuis,
serta sistem penghargaan yang mendukung keterlibatan aktif siswa. Pengujian
dilakukan melalui pengujian black-box, evaluasi pretest-posttest, dan kuesioner
User Acceptance Test (UAT). Hasil penelitian menunjukkan aplikasi berfungsi baik
dan mudah digunakan, mampu meningkatkan rata-rata nilai siswa dari 53,3
menjadi 82,0. Tingkat kelayakan aplikasi menurut UAT sangat tinggi, yaitu 94,1%
dari siswa dan 94% dari guru. Dengan demikian, aplikasi ini efektif sebagai media
pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi
belajar siswa, dengan rekomendasi pengembangan lebih lanjut pada variasi game,
cakupan materi, dan fitur monitoring guru.
Kata Kunci: Matematika, Operasi Hitung, Gamif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Mathematics, Arithmetic Operations, Gamification, Research and Development (R&D) |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak |
Depositing User: | Mardliyah Ayu |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 05:41 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 05:41 |
URI: | http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/1857 |