PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME PIXEL SWORD TALE BERBASIS ANDROID

APRIANO, ISKA and MUHAMMAD, SAYYID ZIKRI (2025) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME PIXEL SWORD TALE BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
LAPORAN TA Apriano Iska & Muhammad Sayyid Zikri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Dalam era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi telah merambah ke
berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia hiburan seperti industri game.
Meskipun grafik game modern cenderung mengarah pada visual 3D yang realistis,
ada pula upaya untuk mempertahankan dan mengembangkan grafik berbasis pixel
art yang memiliki nilai nostalgia dan estetika tersendiri. Game berbasis pixel art
tidak hanya menawarkan pengalaman visual yang unik tetapi juga menarik bagi
generasi yang tumbuh dengan game klasik. Urgensi dari proyek ini terletak pada
hasil wawancara dari pengguna game yakni sembilan mahasiswa, enam siswa
SMA, dua siswa SMP, dan delapan siswa SD yang menyatakan sebagaian besar
permainan yang mereka mainkan hanya mengadung nilai teknis. Sebagai pelajar
pada dasarnya dibutuhkan pula permainan yang mengandung nilai edukasi, yang
mana nilai ini belum banyak ditemukan dalam permainan yang sudah mereka
mainkan sejauh ini. Sehingga perlu dikembangkan konten game edukatif yang
tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik, terutama dalam konteks budaya
lokal Indonesia. Pengembangan konten game edukatif ini bertujuan untuk
merancang dan membuat game pixel untuk memberikan pengalaman bermain
yang menyenangkan. Game ini menggunakan grafik pixel art dan mengusung
genre RPG (Role-Playing Game). Pengembangan game pixel ini dilakukan
dengan perangkat lunak Aseprite untuk pembuatan sprite dan Unity sebagai game
engine dan menggunakan metode GDLC yang terdiri dari lima tahapan meliputi
inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian dan rilis. Proses pengembangan
aplikasi dilakukan melalui tahapan pengjian blackbox yang menunjukkan bahwa
fungsi aplikasi dapat berjalan dengan baik. Hasil Pengujian System Usability
Scale (SUS) menunjukkan skor akhir sebesar 81,65% yang berarti sangat baik
untuk digunakan
Kata Kunci: Pixel Art, Android, Game, RPG, Edukatif, Unity, Aseprite

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Pixel Art, Android, Game, RPG, Educational, Unity, Aseprite
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
Depositing User: Mardliyah Ayu
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:38
Last Modified: 04 Sep 2025 08:38
URI: http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/1675

Actions (login required)

View Item
View Item