RANCANG BANGUN GAME EDUKASI MATH WHIZZER UNTUK SISWA UPTD SDN 08 PEMALI BERBASIS ANDROID

IFFAH, AZZAHRA RAHMANDA and NISVINA, ANJELIA (2025) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI MATH WHIZZER UNTUK SISWA UPTD SDN 08 PEMALI BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
TA(Iffah&Nisvina).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran matematika sering dianggap sulit oleh siswa sekolah dasar,
yang berdampak pada rendahnya minat dan prestasi belajar mereka. Untuk
mengatasi masalah ini, dikembangkan sebuah game edukasi berbasis Android
bernama "Math Whizzer" dengan tujuan meningkatkan minat dan pemahaman
siswa dalam mempelajari matematika. Pengembangan aplikasi ini menggunakan
metode Rapid Application Development (RAD), yang terdiri dari empat tahapan
utama. Pada tahap pertama, perencanaan kebutuhan, dilakukan observasi dan
wawancara dengan guru di UPTD SDN 08 Pemali, yang mengungkapkan bahwa
metode pembelajaran yang monoton menyebabkan siswa kesulitan memahami
materi, sehingga prestasi mereka menjadi kurang memuaskan. Tahap kedua,
perancangan sistem, melibatkan penggunaan aplikasi Blender dan Canva untuk
merancang antarmuka dan elemen visual yang menarik. Tahap ketiga,
pengembangan, dilakukan dengan membangun aplikasi menggunakan Unity
berdasarkan desain yang telah dirancang. Tahap terakhir, implementasi,
melibatkan uji coba aplikasi di UPTD SDN 08 Pemali. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat layak digunakan dalam proses
pembelajaran matematika, dengan persentase kelayakan dari guru sebesar 97,1%
dan dari siswa sebesar 92,4%. Selain itu, pengujian oleh ahli media dan ahli materi
menunjukkan bahwa fitur-fitur dalam aplikasi berfungsi dengan baik, serta materi
disajikan dengan jelas dan efektif. Tidak hanya membuat pembelajaran lebih
menarik, tetapi aplikasi ini juga secara signifikan meningkatkan pemahaman dan
minat siswa terhadap matematika, yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata
nilai posttest menjadi 82,3 dibandingkan dengan nilai pretest sebelumnya 51,3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Augmented Reality, Educational Games, Mathematics Learning, Educational Games, Elementary School
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
Depositing User: Mardliyah Ayu
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:18
Last Modified: 04 Aug 2025 01:18
URI: http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/1561

Actions (login required)

View Item
View Item