PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA GAME EDUKASI TUMBUHAN LUMUT UNTUK SISWA SMP NEGERI 2 PARITTIGA

HIDAYAT, HIDAYAT (2024) PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA GAME EDUKASI TUMBUHAN LUMUT UNTUK SISWA SMP NEGERI 2 PARITTIGA. Diploma thesis, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

[thumbnail of full text] Text (full text)
Laporan Proyek Akhir - Hidayat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat di era saat ini memberikan peluang yang sangat baik
untuk mengintegrasikan inovasi dalam sektor pendidikan. Keterlibatan teknologi
dalam pembelajaran tidak hanya meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar,
tetapi juga membuka peluang untuk menciptakan pengalaman pendidikan yang lebih
interaktif dan menarik bagi para siswa. Dengan pemanfaatan augmented reality dan
game edukasi diharapkan dapat membantu guru dalam memvisualisasikan benda
yang berbentuk abstrak serta para siswa dapat bermain sambil belajar, sehingga
mudah dijelaskan dan dimengerti oleh para siswa serta memberikan pengalaman
belajar yang menarik sehinga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Proyek
akhir ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi augmented reality dan game
edukasi tumbuhan lumut yang disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan siswa
SMP Negeri 2 Parittiga. Aplikasi ini menyediakan pengalaman belajar yang
interaktif dan menyenangkan, meningkatkan pemahaman siswa tentang tumbuhan
lumut, dan memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pendidikan di sekolah ini.
Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Game Development Life
Cycle (GDLC). Pengembangan aplikasi game menggunakan Unity dengan bahasa
pemrograman C# dan perancangan objek 3D dan 2D menggunakan aplikasi Blender
dan Adobe Ilustrator. Berdasarkan hasil pengujian dari guru mata pelajaran
mendapat hasil 92,22% yang menunjukkan aplikasi sudah menggunakan materi yang
sesuai dengan pembelajaran, sedangkan untuk User Acceptance Testing yang
dilakukan kepada para siswa SMP Negeri 2 Parittiga mendapat persentase
kelayakan sebesar 91,53%, aplikasi berjalan dengan baik dengan tanpa adanya
masalah validitas fungsi-fungsi aplikasi yang ditemukan.
Kata Kunci: Augmented Reality, Game Edukasi, Tumbuhan Lumut

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Augmented Reality, Game Edukasi, Tumbuhan Lumut
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
Depositing User: Mardliyah Ayu
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:13
Last Modified: 08 Aug 2024 03:13
URI: http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item
View Item