SEVISCA ERMUNANDA, ERYSHTA (2024) PEMBUATAN GAME EDUKASI TATA KRAMA UNTUK SANTRI TPA BAITUSSALAM SRI PEMANDANG BERBASIS ANDROID PROYEK AKHIR. Diploma thesis, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.
LAPORAN PROYEK AKHIR ERYSHTA SEVISCA ERMUNANDA 1062008.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (6MB)
Abstract
Dalam proses pembentukan karakter anak usia dini perlu ditanamkannya akhlaq yang
baik dan diberikan wadah belajar dengan memanfaatkan perkembangan teknologi
dalam proses pembelajarannya. Pada anak santri TPA Baitussalam diajarkannya
pengetahuan terkait tata krama, namun kurangnya alat peraga dan semangat untuk
belajar. Oleh karena itu, penulis mengajukan game edukasi Tata Krama sebagai Solusi
belajar. Metode yang diimplementasikan adalah Game Development Life Cycle
(GDLC), dirancang menggunakan aplikasi Unity dan aplikasi Canva. Game berjalan
dengan baik dan telah diuji fungsional fiturnya oleh ahli. Hasil pengujian aplikasi
menunjukan bahwa materi sesuai dengan sumber buku yang digunakan dalam
pembelajaran anak Santri dengan presentase 95,71%. Untuk menghitung User
Acceptance Testing, diambil dari pengujian kepada anak santri TPA Baitussalam Sri
Pemandang dan mendapatkan nilai akhir 85,9%. Setelah melakukan perhitungan UAT
dapat disimpulkan bahwa game edukasi tata krama masuk ke dalam kriteria "Sangat
Layak".
Kata kunci: Game Edukasi; Tata Krama; Petualangan; GDLC.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Game Edukasi; Tata Krama; Petualangan; GDLC. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak |
Depositing User: | Mardliyah Ayu |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 01:24 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 01:24 |
URI: | http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/1078 |